Antarajawabarat.com, 10/4-. Obervatorium Bosscha akan menerima kunjungan yang disebut dengan kegiatan rutin malam umum yang diselengarakan 9, 10, 23 dan 24 April 2015.

"Kegiatan rutin ini akan dilakukan 4 hari dalam bulan April 2015, pengunjung bisa mengubungi pihak Bosscha untuk konfirmasi kunjungan," kata Staff Peneliti Observatorium Bosscha, Evan Irawan (30), Kamis.

Pada hari pertama kunjungan (9/4) kemarin, atusiasme masyarakat terutama pelajar sangat tinggi, Evan mengatakan bahwa ada 240 orang yang hadir terdiri dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Pengunjung nantinya bebas berkeliling di beberapa lokasi yang telah disiapkan pihak Bosscha, salah satunya adalah teropong Zeiss yang merupakan ciri khas Observatorium Bosscha.

"Selain itu pengunjung bisa berkeliling di ruang multimedia dan melihat langsung di teropong Bamberg dan dua teropong fortebel," kata dia.

Evan mengatakan bahwa kunjungan kali ini memberi kesan yang baik karena langit Lembang sangat cerah sehingga terlihat beberapa objek astronomi yaitu beberapa bintang, Planet Venus, Planet Jupiter dan Nebula Orion.

Setiap pengunjung, lanjut Evan boleh mengamati objek astronomi secara langsung lewat teropong Bamberg yang berdiamer tujuh meter tersebut.

Observatorium Bosscha sengaja memilih musim kemarau di bulan April-Oktober agar para pengunjung dapat mengamati langsung lewat teropong. Jika hujan atau mendung, pengunjung tidak dapat meneropong objek astronomi apapun.

"Kami telah memberikan informasi pada setiap pengunjung bahwa jika turun hujan atau mendung tidak bisa meneropong, kami berharap kinjungan-kunjungan berikutnya langit cerah dan pengunjung tidak kecewa," kata Evan menambahkan.

Kunjungan rutin tersebut merupakan ajang Observatorium Bosscha mengenalkan dunia astronomi bagi masyarakat. Evan menambahkan masih banyak masyarakat yang baru pertama kali meneropong objek astronomi di Bosscha, ia berharap hal tersebut bisa menambah pengalaman masyarakat menganai dunia astronomi.



Diana

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015