Wakil Menteri Pertanian Sudaryono mengatakan ajang Gebyar Perbenihan 2024 di Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 27-30 Juli 2024, bertujuan untuk mencapai swasembada pangan nasional.

Sudaryono mengungkapkan kegiatan Gebyar Perbenihan 2024 merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan produksi benih berkualitas untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Tujuannya adalah bagaimana hasil dari panenan kita cukup untuk memberi pangan bagi rakyat Indonesia," katanya di Kabupaten Bandung, Jabar, Sabtu.

Sudaryono juga mengungkapkan gelaran Gebyar Perbenihan 2024 diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk pertanian Indonesia di pasar global.

"Pertanian ini menyangkut keberlangsungan hidup kita, kedaulatan rakyat dan bangsa kita. Karena apa? Karena dengan pertanian inilah yang menyediakan pangan bagi kita," katanya.

Dia menjelaskan kegiatan itu menampilkan varietas-varietas tanaman pangan yang tahan terhadap hama, penyakit, dan kondisi lingkungan tertentu.

"Dalam kegiatan ini ternyata ahli-ahli kita telah bisa dan dapat menemukan varietas jenis-jenis tanaman yang sesuai dengan masing-masing wilayah," katanya.


Sementara itu, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi berharap dengan kegiatan itu, para petani dapat memahami pentingnya pemilihan benih yang tepat serta cara mengelola benih dengan baik, sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

"Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka mempercepat pertukaran informasi hasil-hasil benih untuk menuju swasembada pangan, menuju lumbung pangan dunia," kata dia.

Selain itu, kata dia, Gebyar Perbenihan tahun ini juga menghadirkan pameran produk pertanian unggulan serta gelar teknologi pangan dari seluruh Indonesia sebagai media pembelajaran bagi masyarakat dan petani.

"Kami juga memberikan peluang bagi semua pihak, investor, pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang-peluang di dalam industri benih tanaman pangan," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamentan: Gebyar Perbenihan 2024 untuk mencapai swasembada pangan

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024