Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjid Agung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi hari ini menghiasi kiblat umat Islam, Ka'bah, dengan penutup baru "Kiswah" sesuai tradisi tahunan di negara tersebut.

Tim dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci yang terdiri dari 159 perajin ditunjuk untuk melaksanakan penggantian Kiswah tersebut.

Tim disebar di sekitar sisi dan atap Ka'bah sesuai keahlian masing-masing, mulai dari membongkar Kiswah lama dan memasang yang baru, lalu memperbaikinya di sudut-sudut dan di atap Ka'bah.

Kiswah yang dipasang, dengan berat 1.350 kilogram dan tinggi 14 meter, terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu.

Pada setiap sisi Ka'bah, Kiswah diangkat secara individual ke puncak Ka'bah sebagai persiapan untuk membentangkannya di atas penutup lama.

Setelah sisi bagian atas diikatnya, dan ujung tali Kiswah lama dilepas.

Sisi baru dipindahkan ke atas dan ke bawah dalam gerakan terus-menerus, diikuti dengan menurunkan Kiswah lama dari bawah, meninggalkan sisi baru di tempatnya.

Proses ini diulang empat kali untuk semua sisi sampai Kiswah selesai dipasang. Akhirnya, sabuk diselaraskan dalam garis lurus di sepanjang empat sisi dan dijahit di tempatnya.

Setelah mengamankan semua sisi, sudut-sudut dijahit dari bagian atas Kiswah hingga ke bawah. Setelah selesai, tirai dipasang, yang membutuhkan waktu dan ketelitian.

Masing-masing potongan, dibuat di kain hitam agar sesuai dengan ukuran tirai, dengan lebar sekitar 3,33 meter dan panjang sekitar 6,35 meter.

 

Sumber: SPA


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ikuti tradisi tahunan, Arab Saudi ganti kiswah Ka'bah

Pewarta: Primayanti

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024