Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, bersama unsur elemen masyarakat lain menggelar aksi operasi bersih-bersih untuk menciptakan kawasan wisata pantai yang bersih dari sampah, sehingga wisatawan merasa nyaman saat berwisata di Pangandaran.

"Kita prihatin juga banyak sampah di sini, sampah dari laut yang terbawa arus sampai ke sini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Dedi Surachman saat kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Bojong Salawe, Pangandaran, Jumat.

Ia menuturkan kegiatan rutin bersih-bersih kawasan pantai itu dilakukan bersama-sama dengan seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pangandaran, kemudian instansi vertikal, TNI, Polri, pelaku usaha, sukarelawan dan masyarakat setempat.

Operasi bersih itu, kata dia, tujuannya tidak hanya menciptakan suasana pantai menjadi bersih, indah, dan nyaman, tapi untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan hidup akibat banyaknya sampah.

"Kami harap kegiatan ini dapat mengurangi dampak lingkungan karena sampah," katanya.

Ia mengatakan, kawasan Pantai Bojong Salawe merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Kabupaten Pangandaran dengan lokasinya yang bagus untuk mendapatkan pemandangan alam laut dan matahari terbit.

Kawasan pantai itu, kata dia, terdapat tempat menarik bagi pecinta kuliner khususnya berbagai jenis kuliner ikan laut yang disajikan secara segar, kemudian tempat menarik bagi pecinta mancing ikan.
"Di sini terdapat banyak rumah makan yang 'view'-nya laut selatan, serta menyediakan menu 'seafood' yang segar," katanya.

Ia berharap kegiatan bersih-bersih sampah itu mendapat perhatian dan kepedulian masyarakat maupun wisatawan untuk saling menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kepada masyarakat di sekitar bantaran sungai dan pesisir pantai untuk menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024