Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan keselamatan dan keamanan transportasi sungai, danau dan penyeberangan di kawasan wisata Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

"Ditjen Hubdat (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat) turut serta bertanggung jawab pada aspek keselamatan transportasi di objek wisata Waduk Jatiluhur," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Risyapudin Nursin dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Risyapudin menyampaikan bahwa pihaknya telah menggelar kampanye keselamatan transportasi sungai, danau, dan penyeberangan (TSDP) di kawasan wisata Waduk Jatiluhur pada Jumat (21/6).

"Kampanye ini kami lakukan dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran pada transportasi sungai, danau dan penyeberangan khususnya di Waduk Jatiluhur," ujarnya.

Kampanye tersebut melibatkan 150 orang peserta yang merupakan para pelaku jasa angkutan sungai dan danau di kawasan wisata Waduk Jatiluhur.

Ia menerangkan, untuk mewujudkan keselamatan pelayaran khususnya di Waduk Jatiluhur, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian di antaranya nakhoda yang harus dalam kondisi sehat dan tersertifikasi.

Kemudian nakhoda juga wajib mengutamakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait prakiraan cuaca.

Selanjutnya, wajib memperhatikan kondisi kapal agar saat berlayar memenuhi standar keselamatan serta wajib memberikan fasilitas yang baik bagi penumpang. Serta, jumlah penumpang di kapal harus disesuaikan dengan jumlah pelampung keselamatan (life jacket).

"Keselamatan merupakan tanggung jawab kita bersama. Sesuai amanah Undang-Undang Dasar," tutur Risyapudin.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub pastikan keselamatan transportasi di kawasan Waduk Jatiluhur

Pewarta: Muhammad Harianto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024