Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), berharap dengan digulirkannya penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani bisa mendukung peningkatan produksi padi di daerahnya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Sri Jaya Midan dalam keterangannya di Purwakarta, Jumat, mengatakan bahwa pada tahun ini pihaknya telah melakukan pendataan jenis bantuan yang akan diajukan ke Kementerian Pertanian, guna meningkatkan produktivitas padi.

"Pengajuan bantuan untuk pengembangan sektor pertanian di wilayah Purwakarta diajukan secara bertahap ke Kementerian Pertanian," kata Midan.

Ia menyampaikan bahwa pada Kamis (6/6), pihaknya telah menyerahkan bantuan sebanyak 33 unit traktor tangan roda dua ke sejumlah kelompok tani di Purwakarta. Bantuan ini dari Kementerian Pertanian.

Di antara tujuan disalurkannya bantuan traktor tangan roda dua itu ialah untuk membantu para petani mempercepat pengolahan tanah agar tidak tertinggal masa tanam.

Ke depannya, kata dia lagi, bantuan lain dari pemerintah pusat juga akan diajukan secara bertahap, seperti bantuan benih. Dari luas lahan tanam sekitar 17.900 hektare, yang telah dibantu baru sekitar 6.000 hektare.



 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024