Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan terpidana kasus korupsi mantan Wali Kota Bandung Yana Mulyana kembali diperiksa soal aliran uang yang mengalir ke tangan para tersangka perkara dugaan korupsi pengadaan CCTV Bandung Smart City.

"Saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan adanya kesepakatan dari para pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka dalam perkara ini untuk menyiasati beberapa item anggaran secara melawan hukum sehingga dinikmati oleh berbagai pihak," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pemeriksaan terhadap Yana dilakukan pada Selasa (4/6) di Lapas Sukamiskin yang menjadi lokasi yang bersangkutan menjalani pidana penjara terkait perkara tersebut. Hal yang sama juga dikonfirmasi kepada dua terpidana dalam kasus yang sama yakni mantan Anggota DPRD 2009-2014 Tomtom Dabbul Qamar, dan mantan Kepala DPKAD Kota Bandung Herry Nurhayat.

Penyidik KPK juga mengonfirmasi hal yang sama kepada Kasubag TU BLUD Angkutan Ade Surya, Kasubag Umum dan Kepegawaian Mia Mayasari, Kasi Pengendalian dan Ketertiban Apep Muhammad Solehudin, ibu rumah tangga bernama Rini Januanti dan pihak swasta bernama Hari Budiarto. Para saksi tersebut menjalani pemeriksaan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IV Bandung.

Mengenai perkara tersebut, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Rabu, 13 Desember 2023, menjatuhkan vonis empat tahun penjara kepada Yana Mulyana dalam perkara suap pengadaan CCTV Bandung Smart City.

Selain hukuman pidana, hakim dalam sidang putusan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu, juga menghukum Yana Mulyana membayar denda sebesar Rp200 juta subsider tiga bulan penjara.

Majelis hakim menyatakan Yana Mulyana terbukti menerima gratifikasi berupa uang dan fasilitas ke Thailand dari Benny selaku Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA), Andreas Guntoro selaku Vertical Slution Manager PT SMA, dan Sony Setiadi selaku Direktur PT Citra Jelajah Informatika (CIFO).

Selain itu, Yana Mulyana juga divonis pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama dua tahun sejak dia selesai menjalani pidana pokoknya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPK periksa Yana Mulyana soal aliran dana terkait korupsi CCTV

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024