Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta memastikan penerbangan haji kelompok terbang (kloter) 11 dari Bandara Internasional Kertajati menuju Madinah, Arab Saudi berjalan dengan aman dan lancar.

"Melalui para inspektur yang bertugas, kami memastikan kelaikudaraan pesawat udara yang mengangkut jamaah calon haji dalam kondisi baik/laik sebelum terbang,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta Yufridon Gandoz saat melepas keberangkatan Kloter 11 jamaah calon haji dari Bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat, Rabu.

Gandoz menyampaikan bahwa inspektur dari Kemenhub telah melakukan pemeriksaan meliputi aspek kelaikan pesawat udara, kelengkapan dokumen pesawat udara, dan memeriksa lisensi serta memastikan kondisi kesehatan pilot dan kru yang bertugas dalam kondisi prima.

“Hari ini, telah diberangkatkan kloter 11 dengan jumlah 440 calon jamaah haji dari Bandara Kertajati menuju Madinah, menggunakan pesawat udara Saudi Arabian Airlines jenis Boeing 777-309R dengan nomor penerbangan SV 5743,” ujar Gandoz dalam keterangan di Jakarta.

Hingga kloter ke-11, Gandoz menyampaikan telah diberangkatkan 4.838 jamaah calon haji dari Bandara Kertajati dengan tingkat ketepatan waktu maskapai (on time performance) 100 persen.

Dia juga menambahkan bahwa selain kelaikan pesawat, pihaknya juga memastikan alur keberangkatan jamaah calon haji dari embarkasi Indramayu ke Bandara Kertajati, pengecekan bagasi dan pengecekan Security Check Point di embarkasi Indramayu dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Bandara Kertajati direncanakan akan menerbangkan sebanyak 13.050 jamaah calon haji dengan didampingi 150 petugas haji dari Indonesia langsung ke Madinah dan Jeddah yang terbagi menjadi 30 kloter.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub memastikan kelancaran angkutan haji di Bandara Kertajati

Pewarta: Muhammad Harianto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024