Operator kompetisi sepak bola nasional, Liga Indonesia Baru (LIB) menguji video perbantuan untuk wasit (Video Assistant Referee/VAR) menjelang laga semifinal putaran pertama Bali United melawan Persib Bandung di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar.

"Kami lakukan kalibrasi, pengecekan kamera, dan tes VAR," kata Manager Media dan Komunikasi LIB Hanif Marjuni di sela pengenalan VAR kepada media di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa.

Peralatan VAR yang ditempatkan dalam satu unit kendaraan itu sudah tiba di Bali dan langsung diparkir di area pemusatan latihan klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu.

Di dalam kendaraan tersebut ada enam layar monitor yang diamati oleh tiga wasit yakni wasit VAR, asisten wasit VAR dan operator selama pertandingan berlangsung.

Kemudian, lanjut dia, ada server VAR, generator listrik (genset) dengan kapasitas mencapai 10 ribu kilowatt, pengatur suhu ruangan (AC) sebanyak tiga unit, peredam suara hingga empat alat penahan guncangan.

"Para wasit itu sudah menjalani pelatihan selama enam bulan di Jakarta," imbuhnya.

Nantinya, lanjut dia, ada satu unit monitor yang menjadi rujukan bagi wasit utama ketika memutar ulang pertandingan serta didukung 12 hingga 14 kamera yang terpasang di sejumlah titik di lapangan untuk pengambilan gambar VAR dan pertandingan.

Ia menambahkan VAR sebelumnya sudah diujicobakan di Indonesia pada pelaksanaan Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo ada Kamis (7/3).

"Waktu itu rata-rata lama wasit mengambil keputusan sekitar enam menit," ucapnya.

Implementasi VAR akan menjadi yang pertama untuk kompetisi kasta teratas klub sepak bola tanah air, Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 dan perdana diterapkan di Bali.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LIB uji VAR jelang semifinal Bali United lawan Persib Bandung

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024