Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung mencatat sebanyak 416 orang peserta mengikuti tes tertulis perekrutan calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Kota Bandung Wenti Prihadianti mengatakan dari 416 orang peserta yang mengikuti seleksi itu, nantinya dipilih 150 orang menjadi anggota PPK untuk bertugas di 30 kecamatan di Kota Bandung.

"Tercatat ada 464 orang yang daftar, namun yang lulus administrasi ada 416 orang peserta. Nanti sebanyak 150 orang peserta yang akan terpilih, per kecamatan lima orang," kata Wenti di Bandung, Selasa.

Wenti menjelaskan dalam tes tertulis berbasis komputer (computer asissted test/CAT) ini, para peserta mengerjakan sebanyak 75 soal dengan waktu 90 menit. Jika lolos, para calon anggota PPK akan mengikuti seleksi wawancara.

"Kita berharap seluruh tahapan persiapan Pilkada Serentak 2024 di Kota Bandung berjalan aman dan lancar," kata Wenti.

Setelah kegiatan tes tertulis, kata dia, KPU melakukan penetapan nilai melalui rapat pleno, kemudian pengumuman hasil tes tertulis dijadwalkan pada 10 Mei 2024.

Selanjutnya para peserta yang telah lolos dalam seleksi tes tertulis akan kembali menjalani seleksi wawancara yang dilaksanakan pada 11 hingga 13 Mei 2024.


"Sedangkan hasilnya diumumkan pada 14-15 Mei 2024. Sementara pengumuman calon anggota PPK yang diterima akan diinformasikan pada 15 Mei 2024 serta dilantik tanggal 16 Mei 2024," tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono yang hadir pada pembukaan tes tertulis calon anggota PPK itu berharap para peserta yang lolos seleksi dan menjadi anggota PPK untuk Pilkada 2024 mempunyai integritas, tanggung jawab, serta berkomitmen pada tugasnya.

"Mudah-mudahan dari seleksi ini akan terpilih peserta yang terbaik dari segi kompetensinya. Nanti akan ada lagi tahap ketiga, yaitu wawancara," kata Bambang.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024