Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyebut pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) berjalan dengan baik.

“Setiap kendala teknis pada pelaksanaan UTBK telah ditangani dan diatasi secara langsung dengan cepat oleh tim teknologi informasi panitia nasional dan panitia lokal UPI, sehingga pelaksanaan ujian peserta dapat diselesaikan dengan baik,” kata Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI Ahmad Mudzakir di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Ahmad mengatakan UPI juga telah berhasil menyelesaikan dan mengirimkan jawaban ujian peserta pada setiap hari pelaksanaan ke pada panitia nasional.

“Panitia UBTK UPI telah menyusun dengan baik berbagai tahapan pelaksanaan UTBK dalam rangka memastikan pelaksanaan UTBK ini berjalan dengan baik,” kata Ahmad.

Tahapan sebelum pelaksanaan ujian dinilai cukup penting dengan dimulai dari mempersiapkan sarana dan prasarana, lokasi, pengecekan seluruh dokumen, dan petugas.

“Tahapan pelaksanaan sebelum ujian dilakukan untuk memastikan persiapan dan koordinasi di antara pimpinan dan petugas pelaksana di ruangan,” katanya.

Adapun pada tahap pelaksanaan ujian dilakukan dengan memantau dan memastikan proses pelaksanaan ujian terlaksana dengan baik.

“Pada tahap akhir dilakukan pemantauan ujian telah dilaksanakan dengan baik, yang diikuti oleh peserta yang mengikuti ujian,” katanya.

Lebih lanjut Ahmad menyebut sebanyak 24.889 peserta mengikuti UTBK-SNBT 2024 di Pusat UTBK UPI yang tersebar pada enam lokasi yaitu UPI Kampus Cibiru, UPI Kampus Sumedang, UPI Kampus Purwakarta, UPI Kampus Serang, dan UPI Kampus Tasikmalaya.

“Setiap sesi UTBK, UPI mampu melayani total 1.400 peserta setiap sesi,” kata Ahmad.

 

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024