Antarajawabarat.com,29/11 - Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar) Yod Mintaraga mengharapkan Bandar Udara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran menjadi landasan komersil bagi pesawat jenis Boeing 737 untuk mendorong pertumbuhan daerah di wilayah selatan Jabar.

"Saya harap Nusawiru dapat dilandasi Boeing 737 untuk mendorong pertumbuhan daerah di Pangandaran dan sekitarnya," kata Yod kepada wartawan di Bandung, Sabtu.

Ia menuturkan, daerah selatan Jabar terkendala masalah bandara udara yang tidak dapat dilandasi oleh pesawat besar.

Selama ini orang yang hendak menuju daerah di Jabar selatan menggunakan pesawat, kata dia, harus mendarat di Jakarta, kemudian melakukan perjalanan kembali melalui jalur darat.

"Kalau ke Jakarta dulu kan habis waktu, makanya Nusawiru harus mampu dilandasi Boeing 737," katanya.

Menurut dia, memfungsikan transportasi pesawat komersil akan mempersingkat waktu tempuh lebih cepat dari kota besar lainnya seperti Jakarta atau Bandung menuju Pangandaran.

Jika dapat mempersingkat waktu tempuh, kata dia, tentu akan banyak orang ingin mengunjungi Jabar selatan yang banyak objek pariwisata dan potensi ekonomi lainnya.

"Sebenarnya Pangandaran itu lebih punya prospektif dibandingkan daerah lain, potensinya bagus sekali, dan ini bisa sampai ke Tasik selatan ke Garut, ke Sukabumi," katanya.

Selain didorong dengan trasportasi udara, kata Yod, trasportasi laut juga perlu dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi Dermaga Bojong Salawe, Kabupaten Pangandaran.

"Aktivasi jalur kereta api juga saya kira bisa dilakukan," kata politisi Golkar itu.***2***



Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014