Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania Kuncoro Giri Waseso menyaksikan penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MoU) antara Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kota Melbourne mengenai Kerja Sama Antarkota.

MoU tersebut ditandatangani oleh Wali Kota Melbourne Sally Capp AO di Melbourne Town Hall, Australia, pada Senin (22/4), setelah sebelumnya diteken oleh Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono secara terpisah di Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu, KJRI Melbourne menjelaskan bahwa MoU itu bertujuan untuk membentuk kerja sama dan mengembangkan hubungan persahabatan yang efektif dan saling menguntungkan.

Terdapat lima bidang kerja sama yang disepakati, yaitu kota pintar, ekonomi dan perdagangan, pendidikan tinggi, pelatihan, dan peningkatan kapasitas, kota layak huni, serta ketahanan kota.

Kerja sama tersebut berlaku selama empat tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu empat tahun berikutnya dengan persetujuan bersama secara tertulis oleh kedua pihak.

Acara penandatanganan MoU diikuti oleh pertemuan antara kedua pihak yang, antara lain, membahas bagaimana Melbourne dan Bandung memiliki sejumlah kemiripan yang menekankan pada arti penting sektor pendidikan, perkembangan inovasi dan perusahaan perintis, keberadaan masyarakat yang multikultur, dan pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan kota.

Kedua belah pihak juga sepakat bahwa MoU yang baru ditandatangani harus dapat memperkuat kerja sama yang telah ada selama ini.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Melbourne juga menyampaikan kesan yang baik dalam kunjungan ke Bandung pada 2019, termasuk saat menyaksikan control centre dengan state of the art yang dimiliki Kota Bandung.

Sebelum MoU itu ditandatangani, kedua kota telah memiliki kerja sama yang aktif, antara lain melalui Bandung-Melbourne Innovation Event Social Impact tahun 2022, keikutsertaan Pemerintah Daerah Kota Bandung dalam kegiatan Victoria Cleantech Expo 2021.



 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KJRI saksikan penandatanganan MoU kerja sama Bandung-Melbourne

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024