Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengungkapkan bahwa jalur arteri Padalarang yang merupakan titik pertemuan jalur dari Cianjur dan Purwakarta menuju ke Bandung, pada periode Lebaran 2024 ini mengalami kenaikan volume kendaraan sekitar 30 persen.

"Dibandingkan dengan 2023, ada kenaikan sekitar 30 persen. Dominasinya sepeda  motor," kata Aldi di Pos Pengamanan Mudik 2024 Padalarang, Bandung Barat, Senin.

Aldi menerangkan bahwa di Padalarang ini arus kendaraan didominasi oleh roda dua karena roda empat memilih melalui jalan tol.

"Sementara yang dari arah Cianjur kendaraan roda empat masuk ke tol melalui Gerbang Tol Padalarang," ucapnya.

Dijelaskan oleh Aldi, arus lalu lintas pada Senin atau H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah atau tahun 2024 ini di wilayah arteri Padalarang ramai lancar.

Dimana, kata Aldi, para pemudik sudah terlihat sejak Sabtu (5/4) malam dan puncaknya diprediksi akan terjadi Selasa ini.

Kepadatan untuk jalur Padalarang ke Bandung, kata Aldi, terjadi di Kota Cimahi, sehubungan dengan masyarakat yang berbondong-bondong bergerak untuk memenuhi berbagai kebutuhan untuk Idul Fitri seperti membeli pakaian dan juga bahan-bahan pokok.
"Alhamdulillah kita bisa mengurai dan memitigasi. Semuanya bisa berjalan dengan lancar," ucapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, sejak H-7 tanggal 3 April 2024, kendaraan dari Cianjur ke Bandung untuk roda dua sebanyak 106.291 dan roda empat 37.370 unit.

Sementara untuk arah dari Bandung ke Cianjur terpantau ada 83.816 kendaraan roda dua, serta 36.270 unit kendaraan roda empat.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024