Seribuan warga Kota Bandung, Jawa Barat menggelar aksi bela Palestina yang digagas oleh komunitas Youth Empathy Solidarity (YES) yang dipusatkan di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat sore.

Pembina komunitas YES, Otong Sulaiman, mengatakan, aksi damai yang dilakukan di antaranya berupa long march, zikir bersama, pembacaan puisi dan orasi berupa pernyataan sikap.

“Situasi di Palestina menjadi semakin buruk, karena memang terjadi genosida, terjadi upaya untuk melakukan pembasmian terhadap etnis bangsa Palestina dan yang menjadi korban sebagian besarnya adalah anak-anak dan perempuan,” kata Otong.

Ia menjelaskan kegiatan ini juga sebagai dukungan masyarakat Indonesia untuk mengutuk tindakan kekejaman Israel terhadap bangsa Palestina.

“Kita sudah tahu bahwa saat ini, mungkin per hari ini sampai sudah 40 ribu yang sudah meninggal dunia dan ini adalah sebuah tindakan yang sangat buruk,“ kata dia.

Melalui aksi tersebut, ia meminta kepada seluruh umat Islam di dunia agar bersatu untuk memberikan kontribusinya dalam kemerdekaan Palestina yang selama ini kerap mendapat agresi militer Israel.

“Nah inilah yang membuat kami merasa penting sekali untuk terus menyuarakan pembelaan terhadap Palestina,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa komunitas YES sendiri tergabung dalam Barisan Aliansi Resistensi Al-Aqsha (BARAQ) untuk memperingati Hari Al-Quds Internasional.

Adapun Hari Al-Quds Internasional merupakan hari solidaritas sedunia untuk perjuangan kemerdekaan Palestina yang diperingati setiap tahun di hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan, yang pada tahun ini diselenggarakan pada hari Jumat, 5 April 2024 secara serentak di berbagai kota di Indonesia.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024