Sejumlah personel Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota membagikan helm secara gratis bagi pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm untuk menjaga keselamatan dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2024 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota Iptu Dede Iskandar mengatakan, operasi pembagian helm untuk keselamatan pengendara itu sudah kesekian kalinya, dan saat ini kembali dilaksanakan di Jalan HZ Mustofa dan sekitar Taman Kota Tasikmalaya.

"Selain membagikan helm gratis, kami juga menyampaikan imbauan tertib berlalu lintas, sehingga terwujudnya kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang kondusif," kata Dede.

Ia menuturkan kepolisian menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024 yang tidak hanya digelar di Tasikmalaya, melainkan juga serentak di daerah lainnya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas mulai 4 sampai 17 Maret 2024.

Operasi keselamatan yang dilaksanakan jajaran Polres Tasikmalaya Kota, kata dia, di antaranya membagikan helm ber-SNI secara gratis kepada pengguna kendaraan sepeda motor yang tidak memakai helm saat di jalan raya.

"Kami mengajak masyarakat untuk mentaati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas untuk meminimalisir angka kecelakaan, dan meningkatkan disiplin berlalu lintas," kata Dede.

Ia menyampaikan kegiatan operasi keselamatan itu untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat sebagai pengguna jalan agar selalu memperhatikan keselamatan di jalan raya sebagai kebutuhan.
Operasi keselamatan itu, kata dia, akan terus dilaksanakan di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota, terutama di wilayah perkotaan dengan memberikan peringatan kepada siapa saja yang melanggar aturan lalu lintas, seperti halnya tidak memakai helm.

"Kita terus ingatkan masyarakat agar selalu melengkapi kendaraannya, terutama penggunaan helm," kata Dede.




 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024