Politikus Partai Golkar Meutya Hafid bakal menjadi satu-satunya calon anggota legislatif (caleg) perempuan yang terpilih pada Pemilu Anggota DPR RI untuk Daerah Pemilihan Sumatera Utara (Dapil Sumut) I.

Meutya yang juga Ketua Komisi I DPR RI bakal melenggang ke Senayan setelah meraih suara sah 147.004 dari Dapil Sumut I yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan.

Berdasarkan data real count KPU, Partai Golkar berada di urutan kedua sekaligus mengamankan dua kursi DPR RI di Dapil Sumut 1, yakni Meutya Hafid dan mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Peringkat pertama PDI Perjuangan yang meraih 2 kursi untuk Sofyan Tan (anggota DPR petahana) dan Menkumham Yassona Laoly.

Posisi ketiga diisi Partai Gerindra yang juga mendapatkan 2 kursi di Dapil Sumut 1, M. Husni (petahana) dan Ade Jona Prasetyo sebagai pendatang baru. Selanjutnya kursi DPR RI dari PKB di Dapil Sumut I diraih mantan Bupati Deli Serdang  Ashari Tambunan.

Prananda Surya Paloh dari Partai NasDem juga lolos terpilih di Dapil Sumut I bersama mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring serta pendatang baru dari Partai Demokrat Muhammad Lokot Nasution.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Meutya Hafid jadi caleg perempuan terpilih untuk DPR RI Dapil Sumut I

Pewarta: Fauzi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024