Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, ikut turun langsung membersihkan tumpukan sampah yang mulai menggunung di sebagian besar wilayah Kota Cianjur dalam sepekan terakhir.

"Sambil menunggu truk sewaan dan pengadaan truk sampah baru, saya turun langsung bersama kepala dinas di lingkungan Pemkab Cianjur membersihkan tumpukan sampah yang terus menggunung di jalan-jalan utama Cianjur dengan melibatkan belasan mobil sampah milik desa dan kelurahan," katanya di Cianjur, Selasa.

Baca juga: Pemkab Cianjur sewa truk jungkit angkut sampah

Upaya tersebut dilakukan karena jarak tempuh ke TPSA Mekarsari di Kecamatan Cikalongkulon membutuhkan waktu yang cukup lama, ditambah medan jalan yang sulit dilalui kendaraan besar pengangkut sampah yang sudah tidak optimal untuk dioperasikan.

Dampaknya gunungan sampah menghiasi sebagian besar jalan protokol di Cianjur hingga jalan lintas antarkota/kabupaten seperti Jalan Raya Sukabumi, Jalan Raya Bandung-Cianjur hingga jalan protokol di dalam kota.

Penanganan cepat dilakukan langsung oleh Bupati Cianjur bersama kepala dinas dan OPD di lingkungan Pemkab Cianjur dengan menyisir setiap tumpukan sampah karena terlambatnya pengangkutan oleh truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur.
"Kami melibatkan kendaraan bak terbuka atau mobil sampah milik desa dan kelurahan serta truk Satpol PP Cianjur dengan harapan sampah yang menggunung di setiap sudut kota dapat terangkut," katanya.

"Karena TPSA Mekarsari baru beroperasi dengan jarak yang cukup jauh dan membutuhkan waktu empat jam untuk sekali angkut membuat sampah menumpuk," katanya.

Pihaknya menargetkan dalam beberapa hari ke depan tumpukan sampah di setiap sudut kota Cianjur sudah dapat dibersihkan dan tidak lagi mengganggu keindahan kota Cianjur, karena pihaknya sudah menyewa delapan unit truk jungkit atau dump truck untuk membersihkan seluruh tumpukan sampah untuk dibawa ke TPSA Mekarsari.

Baca juga: Sampah menumpuk di perkotaan Cianjur diangkut bertahap

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024