Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan Adipura tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah yang menerima langsung penghargaan itu menyampaikan terima kasih telah diberikannya penilaian yang baik dengan mendapatkan penghargaan dari KLHK terkait kinerja pengelolaan sampah di tingkat kota/kabupaten.

Baca juga: Satgas Pangan Tasikmalaya sebut stok beras aman menjelang Ramadhan

"Alhamdulillah hari ini saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung. Ini dipersembahkan piagam sertifikat Adipura ini untuk seluruh warga Kota Tasikmalaya," kata Cheka.

Ia menuturkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya selama ini bekerja sama dengan seluruh pemangku kebijakan atau unsur forum komunikasi pimpinan daerah dan juga semua elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan kota.

Penghargaan bergengsi tingkat nasional itu, kata dia, menjadi kebanggaan bagi Kota Tasikmalaya dan bukan menjadi akhir melainkan penyemangat agar lebih baik lagi ke depan dalam mengelola sampah dan kebersihan lingkungan di Tasikmalaya.

"Menjadi penyemangat, bukti keseriusan, kesungguhan warga Kota Tasikmalaya, dengan ini mari kita lebih bersemangat, saling mengingatkan membersihkan kota, sehingga kita bisa mendapatkan jauh lebih baik lagi," katanya.

Ia menyampaikan langkah ke depan yang akan dilakukan Pemkot Tasikmalaya dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah, yakni dengan memperkuat tim internal dari unsur forum komunikasi pimpinan daerah dan instansi lainnya.

Terutama, lanjut dia, melibatkan tim internal di tingkat kecamatan, kelurahan, dan masyarakat di lingkungan perumahan, untuk menjaga kebersihan, kemudian mampu mengelola dan mengurangi sampah di rumah masing-masing.

"Kami akan menyiapkan tim lingkup internal terlebih dahulu melibatkan kecamatan, kelurahan, serta masyarakat untuk pengurangan sampah yang berada di rumah-rumah, skemanya fokus pengurangan sampah di level perumahan," katanya.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melaporkan penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Ginandjar Kartasasmita dan beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, pakar persampahan, pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menonjol, dan ahli di bidangnya, dengan dibantu tim teknis dari KLHK.


Baca juga: Pemkot Tasikmalaya terima Penghargaan Predikat Zona Hijau dari Ombudsman RI
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024