Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memfasilitasi para pelaku industri kecil menengah (IKM) Dodol Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk uji studi ke Kabupaten Garut, Jawa Barat.
 
Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Saptono di Banjarbaru, Kamis, mengatakan Garut merupakan kota produksi makanan dodol yang terkenal di Indonesia.
 
Saptono mengharapkan kuliner dodol khas Kandangan dapat memproduksi oleh-oleh makanan yang terkenal, seperti Dodol Garut.
 
Karenanya, Pemprov Kalsel memberikan fasilitas pendampingan pembuatan dodol dengan melibatkan tiga pelaku IKM dodol Kandangan ke Garut.
 
"Semuanya dipelajari, dari proses produksi hingga pengemasan produk dan promosinya," katanya.
 
Saptono menyatakan Pemprov Kalsel melakukan studi tiru ke Kabupaten Garut guna meningkatkan pengolahan dan mengembangkan usaha dodol bagi IKM di Kandangan.
 
"Mudah-mudahan kedepannya dapat meningkatkan kualitas produk, inovasi kemasan produk dan proses produksi yang lebih baik untuk Dodol Kandangan yang menjadi salah satu olahan pangan khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai bagian dari Geopark Meratus di Kalsel," katanya.
 
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024