Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan perawat harus memiliki sistem kesehatan yang cepat tangap dan responsif terhadap berbagai permasalahan yang muncul dan tidak dapat diprediksi.

"Perawat merupakan garda terdepan dalam meningkatkan martabat kesehatan di suatu daerah, bahkan negara. Maka dari itu memilih menjadi perawat berarti sudah mendedikasikan dirinya untuk mengabdi dalam dunia kesehatan," katanya di Balai Kota Sukabumi, Senin.

Menurut Kusmana, perawat saat ini dituntut tidak hanya sebatas merawat orang yang sakit, tetapi harus bisa cepat dan mampu beradaptasi dengan kondisi kesehatan yang sulit dan tidak bisa diprediksi, seperti kasus pandemi COVID-19 dimana perawat menjadi ujung tombak dalam percepatan penanganan penyakit mematikan tersebut.

Harus diakui perawat merupakan profesi yang tidak mudah, kata dia, selain harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal juga membutuhkan kesabaran yang lebih dalam menghadapi berbagai karakter pasien. Belum lagi harus beradaptasi dengan dunia kesehatan yang terus berkembang.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024