Perum Bulog Wilayah Jawa Barat memastikan stok beras di wilayahnya aman hingga  Idul Fitri 2024 dan meminta masyarakat untuk tidak panik.

Pimpinan Perum Bulog Jabar, M Attar Rizal menyebutkan stok beras saat ini mencapai 93 ribu ton sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan pascalebaran di wilayah itu.

Baca juga: Bulog Jabar siap salurkan CBP mulai Januari hingga Juni

“Stok beras yang dikuasai oleh Bulog Jabar sebesar 93 ribu ton dan dalam perjalan ada sebanyak 40 ribu ton, jadi total stok Beras di Bulog Jawa Barat akan mencapai 133 ribu ton,” kata Attar di Bandung, Senin.

Attar mengaku akan terus mendistribusikan stok beras ke pasaran, sesuai dengan perintah dari Bulog Pusat dalam menyikapi kondisi kenaikan harga beras saat ini.

“Stok ini akan kami gunakan untuk kegiatan penyaluran beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) baik untuk pasar tradisional maupun ritel modern serta untuk kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM),” kata dia.

Pihaknya terus memperluas jangkauan pasar di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jabar untuk mendistribusikan beras SPHP pada tahun ini.

“Dari awal Januari kemarin kami sudah menggelontorkan sebanyak 17 ribu ton beras SPHP ke pasar-pasar, baik tradisional maupun modern,” katanya.


Menurut dia, strategi memperluas penyaluran ke pasar itu dilakukan agar semakin banyak pasokan beras SPHP. Langkah tersebut diharapkan semakin menekan harga beras.

“Untuk mengatasi gejolak kenaikan harga dan daya beli, kami menyalurkan beras SPHP serta operasi pasar dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Tahun kemarin kami berhasil meredam kenaikan harga beras dengan cara ini," kata dia.

Selain itu, Attar memastikan penyaluran bantuan pangan beras untuk alokasi bulan Februari akan kembali dilanjutkan setelah pemungutan suara Pemilu 2024 selesai.

“Untuk bantuan pangan ini sementara dihentikan dahulu penyalurannya dari tanggal 8 hingga 14 Februari 2024. Setelah pemilu penyaluran bantuan pangan akan kembali kami teruskan,” katanya.

Baca juga: Bulog Jabar pastikan stok beras aman hingga Lebaran 2024

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bulog pastikan stok beras di Jabar aman hingga Idul Fitri 2024

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024