Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat mematangkan pola pengawasan pada hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Hari ini kita bersama jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota berkumpul di Karawang untuk menyiapkan pola pengawasan pada hari H nanti," kata Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar, Nuryamah, saat rakor dengan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jabar, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, jika dilihat dari tahapan pemilu saat ini, masa kampanye sebentar lagi usai, disusul dengan masa tenang dan dilanjut dengan hari pemungutan dan penghitungan suara, 14 Februari 2024.

"Waktu pemungutan dan penghitungan suara sebentar lagi. Jadi teknis untuk pengawasannya harus segera dilakukan," katanya.

Menurut dia, persiapan pengawasan pada hari H harus dipersiapkan, karena dalam pelaksanaannya nanti laporan pengawasan Bawaslu tidak hanya dilakukan secara manual. Namun juga melalui sistem online, yakni melalui aplikasi Siwaslu (sistem pengawasan pemilu).

Laporan secara online itu tidak hanya dilakukan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota, tapi juga dilakukan oleh panwaslu kecamatan, panwaslu kelurahan/desa hingga pengawas tempat pemungutan suara (PTPS).

"Dalam tahap persiapannya, kita juga melakukan praktik, agar pada hari H jajaran pengawas bisa melaporkan dengan lancar menggunakan Siwaslu," kata dia.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024