Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu memastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap siaga dalam mengantisipasi bencana dalam beberapa waktu ke depan.

Asmawa usai apel di Kantor BPBD, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, memeriksa langsung kesiapsiagaan personel, peralatan dan perlengkapan untuk mengantisipasi bencana alam di daerahnya.

"Kita senantiasa meningkatkan kemampuan para personel, memastikan kesiapan perlengkapan serta sarana prasarana. Kemudian BPBD memastikan kesiapsiagaan personel dengan piket tiga peleton, yang suatu saat bisa digerakkan," ungkap Asmawa.

Ia menjelaskan, wilayah Kabupaten Bogor secara geografis dan topografis cukup labil dan tergolong rawan longsor, angin puting beliung, dan banjir.

Menurut dia, tahun 2023-2024 ini terkait sarana prasarana di BPBD Kabupaten Bogor terdapat pembaharuan dan penambahan agar dapat memenuhi kebutuhan penanggulangan bencana.

Kemampuan dan keterampilan anggota terus ditingkatkan agar siap secara pengetahuan, fisik, maupun mental sehingga lebih cakap dalam bertugas dan kualitas pelayanan penanganan bencana bagi masyarakat juga semakin meningkat.

“Namun yang paling penting adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat tentang tanggap bencana," ujar Asmawa yang juga Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri RI.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024