Sebanyak 250 personel gabungan dari unsur TNI-Polri, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dilibatkan untuk membersihkan sampah yang menumpuk di muara Sungai Sukalila Kota Cirebon, Jawa Barat, agar lingkungan di kawasan itu lebih terpelihara.
 
“Kami melaksanakan karya bakti pembersihan sampah, kebetulan sasaran kita muara Sungai Sukalila. Karena kita lihat kondisi sampahnya luar biasa,” kata Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifulah di Cirebon, Senin.

Baca juga: Kota Cirebon siapkan lahan 3.140 meter jaga suplai cabai
 
Ia menyampaikan kegiatan bersih-bersih sampah itu tidak hanya dilakukan sekali, namun dilaksanakan secara berkala yang menyasar pada beberapa titik di Kota Cirebon. Termasuk di dalamnya adalah kawasan pesisir.
 
Selain untuk merawat ekosistem, lanjutnya, kegiatan semacam ini bertujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat khususnya yang tinggal di kawasan pesisir agar mereka tergerak dan ikut berkontribusi menjaga lingkungan.
 
Apalagi kawasan muara Sungai Sukalila itu memiliki peran cukup penting, sebagai salah satu jalur menuju laut lepas yang dilalui nelayan di Kota Cirebon.
 
“Kami ajak semua instansi terkait untuk melaksanakan kegiatan ini, hal tersebut berkaitan juga untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada masyarakat,” ujarnya.
 
Robil menjelaskan kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di Kota Cirebon, tetapi dilaksanakan secara serentak di sejumlah daerah sesuai instruksi langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat.
 
Ia memastikan aksi gotong royong membersihkan sampah itu rutin digelar dengan melibatkan semua pihak dan masyarakat. Dengan begitu kondisi lingkungan di Kota Cirebon akan lebih terawat.
 
Sebagai contoh, tuturnya, Kodim 0614/Kota Cirebon telah melaksanakan pembersihan sampah di Pasar Kanoman. Dampaknya masyarakat yang beraktivitas di lokasi tersebut merasa lebih nyaman.
 
“Kegiatan ini dilakukan berkesinambungan, artinya dilanjutkan. Jadi tidak hanya di sini, nanti bertahap. Pokoknya ada sasaran sampah nanti kita serbu. Termasuk kawasan pesisir yang lain,” imbuhnya.
 
Ia menambahkan pada kegiatan kali ini, Kodim 0614/Kota Cirebon juga melakukan penanaman bibit pohon untuk penghijauan kawasan muara Sungai Sukalila.
 
“Bibit pohon ini terdiri dari pohon keras dan pohon berbuah. Sejak kemarin sampai saat ini kami sudah menanam 500 bibit pohon yang tersebar di wilayah Kota Cirebon,” ucap dia.

Baca juga: Disdukcapil Kota Cirebon melayani 8.065 perekaman KTP pemilih pemula

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024