Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengajak masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Anaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jabar, segera mengungsi sebagai antisipasi terjadinya bencana alam longsor susulan.

"Saat ini sudah ada ratusan rumah yang terdampak bencana longsor di Desa Sukamulya," kata Benni, saat meninjau lokasi terdampak longsor Gunung Anaga, di Purwakarta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa hujan deras yang melanda wilayah Purwakarta, pada Kamis (4/1), mengakibatkan tanah longsor di kaki Gunung Anaga.

Untuk sementara ini, pihaknya tengah fokus melakukan evakuasi di lokasi longsor, baik evakuasi orang maupun barang.



Setelah evakuasi itu tuntas, selanjutnya akan dilakukan pembersihan dan normalisasi fasilitas umum yang terdampak bencana longsor.

Sementara penanganan secara berkelanjutan, yakni relokasi atau tidak, itu akan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama.

"Tapi demi keselamatan dan keamanan, saya mengajak masyarakat yang ada di sekitar titik longsor untuk turun, mengungsi ke tempat yang lebih aman," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Bupati Purwakarta ajak warga Gunung Anaga mengungsi karena longsor

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024