Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka 419.146 formasi bagi guru honorer dalam seleksi guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini.

“Baru saja kami mengusulkan formasi untuk (seleksi guru ASN PPPK) 2024 yaitu sejumlah 419.146 formasi,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam acara "Ngopi Bareng Bu Nunuk" di Jakarta, Jumat.

Nunuk menuturkan sampai saat ini sudah terdapat sekitar 800 ribu guru honorer yang diangkat menjadi guru ASN PPPK sejak 2021, dari target satu juta guru honorer yang akan menjadi guru ASN PPPK hingga akhir 2024.

Ia menjelaskan meski hanya membutuhkan 200 ribu formasi lagi untuk menuju target satu juta guru honorer menjadi ASN PPPK, namun pemerintah justru akan membuka kembali seleksi ASN PPPK tahun ini dengan formasi mencapai lebih dari 400 ribu.

“Kalau ditotal guru non-ASN yang menjadi ASN sudah 800 ribu sehingga untuk satu juta gurunya tinggal 200 ribu lagi. Kami sedang membahas detail lagi agar pemerintah daerah mengusulkan formasi yang maksimal,” kata Nunuk.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek buka seleksi 419.145 formasi guru ASN PPPK tahun ini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024