Antarajawabarat.com,19/5 - Empat kapal carter bertugas mengevakuasi warga negara Tiongkok dari Vietnam yang dilanda kerusuhan Senin tiba di pelabuhan tengah Vung Ang.

Wuzhishan, dibantu oleh navigator Vietnam, berlayar ke pelabuhan itu pada pukul 10.18 waktu setempat.

Tiga kapal Tiongkok lainnya, Tongguling, Baishiling dan Zijing 12, juga tiba di daerah di luar pelabuhan itu Senin pagi.

Mereka sedang menunggu untuk diizinkan masuk ke pelabuhan.

Kapal-kapal itu akan membawa pulang para pekerja Tionghoa yang diserang dalam kerusuhan anti-Tiongkok mematikan baru-baru ini.

Koresponden Xinhua di pelabuhan mengatakan, cuaca baik-baik saja dan air pasang rendah, yang menguntungkan bagi para pekerja Tiongkok untuk mencapai kapal kapal itu.

Satu kelompok kerja pemerintah Tiongkok bekerja sama dengan pihak Vietnam di pelabuhan untuk membantu para pekerja Tionghoa mengungsi.

Protes-protes menargetkan perusahaan asing di provinsi-provinsi selatan Vietnam Selasa berbalik menjadi kekerasan, yang telah menyebabkan setidaknya dua orang Tionghoa tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka.

Penjarahan dan pembakaran anti-Tiongkok terjadi setelah kapal-kapal Vietnam dan personil berulang kali dilecehkan dalam operasi-operasi satu perusahaan minyak Tiongkok di perairan hanya 17 mil laut dari Pulau Zhongjian, Tiongkok, bagian dari Kepulauan Xisha, di Laut China Selatan.

antara

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014