Kepolisian Resor Garut membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat yang datang dari luar daerah ke Kabupaten Garut, Jawa Barat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan wabah COVID-19 yang saat ini diantisipasi karena terjadi peningkatan kasus menjelang akhir tahun 2023.

"Tadi bagi-bagi masker dan hand sanitizer, jadi kami tidak lupa mengingatkan seluruh masyarakat," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha di Pos Pengamanan Kadungora, Kabupaten Garut, Sabtu.

Baca juga: Dinkes Garut buka layanan vaksinasi COVID-19 hingga akhir tahun

Ia menuturkan sejumlah personel Polres Garut maupun dari instansi lainnya sudah disebar untuk melakukan pengamanan dan imbauan keselamatan kepada masyarakat selama musim libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Garut.

Ia menyampaikan, jajarannya juga terus mengingatkan masyarakat, khususnya pengguna jalan maupun penumpang transportasi umum untuk selalu menjaga kesehatan karena saat ini kasus COVID-19 terjadi peningkatan di daerah lain.

"Jaga keselamatan pada seluruh penumpang, dan jaga kesehatan terkait dengan peningkatan COVID-19 di seluruh wilayah," katanya.

Selain kepolisian, Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Kesehatan Garut melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan pos pelayanan kesehatan untuk momentum pengamanan libur Natal dan Tahun Baru di Garut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani mengimbau masyarakat, khususnya yang sakit seperti batuk maupun flu untuk selalu memakai masker, rajin cuci tangan, dan mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minum air putih, dan sari buah.

Selain itu, Leli mengatakan, pihaknya menyiapkan vaksinasi bagi masyarakat yang belum divaksin maupun vaksinasi lengkap agar memiliki daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, salah satunya penularan COVID-19.
"Imbauan kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan, jaga jarak, tidak bepergian apabila tidak penting," katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Garut saat ini membuka tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dengan kuota terbatas sebanyak 500 dosis.

Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin COVID-19 bisa datang ke Puskesmas Pembangunan di Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Puskesmas Pasundan, Kecamatan Garut Kota, Puskesmas Limbangan di Kecamatan Balubur Limbangan, Puskesmas Pameungpeuk di wilayah selatan Garut, dan Puskesmas Tarogong di Kecamatan Tarogong Kaler. 

Baca juga: RSUD Garut menyediakan ruang isolasi antisipasi lonjakan pasien COVID-19

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023