Perekayasa Ahli Madya Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional (PR BBOOT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Susi Kusumaningrum menciptakan obat jerawat dari bahan alami, yakni dari ekstrak kulit manggis dan limbah kulit udang.

"Mikro partikel dari kitosan atau limbah kulit hewan crustacea (salah satunya udang), ekstrak kulit manggis, dan daun pegagan, dikenal memiliki bahan aktif antijerawat, dan bahan-bahan alam tersebut jumlah atau kebutuhannya mencukupi di Indonesia," kata Susi dalam diskusi BRIN yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Rabu.

Susi mengemukakan, urgensi di Indonesia saat ini, bahan baku kosmetik baik aktif maupun eksipien (pelarut) masih impor lebih dari 80 persen. Untuk itu, penyediaan bahan baku alam aktif dan sediaan antijerawat demi menangani masalah gangguan kulit di Indonesia masih diperlukan.

"Diperlukan alternatif obat yang aman, bermutu, dengan harga terjangkau, sehingga ekstraksi kulit manggis dan herba pegagan, dan kulit udang atau crustacea ini bisa menjadi bahan baku obat jerawat atau skincare yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar dia.

Prevalensi penyakit jerawat di Indonesia ini terus meningkat, dan pada perempuan, jerawat menempati urutan kelima setelah masalah kusam, komedo, pori-pori kulit besar, dan jerawat menghitam.

"Persentase jerawat pada generasi Z sebesar 46,2 persen, generasi Y 36,86 persen, dan generasi X sekitar 14,5 persen." ucapnya.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Susi, pasar kosmetik antijerawat cukup tinggi, sekitar 4,46 miliar US Dollar pada tahun 2022, dan diperkirakan akan tumbuh sekitar 9,1 persen hingga tahun 2030.

"Kosmetik antijerawat biasanya menggunakan antibiotik, sehingga resistensi antibiotik pun akan meningkat. Tren akhir-akhir ini adalah peningkatan penggunaan obat alam untuk skincare, sehingga inovasi ini menjadi peluang besar," tuturnya.

Ia menjelaskan, mikropartikel kitosan yang diisolasi dari kulit udang atau kepiting, diketahui mempunyai sifat antimikroba dan menyembuhkan luka.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN ciptakan obat jerawat dari ekstrak kulit manggis dan kulit udang

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023