Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyebutkan areal persawahan yang ditanami berbagai jenis cabai di daerah tersebut mencapai 54,5 hektare.

"Lahan itu sudah lama ditanami tanaman cabai. Sekarang kami kembali menggalakkan penanaman cabai di areal sawah sekitar Purwakarta," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan di Purwakarta, Minggu.

Berdasarkan data Bidang Perkebunan dan Hortikultura Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, luas areal sawah yang ditanami beragam jenis tanaman cabai di Purwakarta mencapai 54,5 hektare.

Hingga November tahun ini, produksi cabai di daerah tersebut mencapai 156,98 ton.

Sri Jaya Midan mengakui produksi cabai di daerahnya belum maksimal. Karena itu, kini pihaknya menggulirkan gerakan tanam cabai yang ditandai dengan penanaman cabai di di Desa Gunungkarung, Kecamatan Maniis, Purwakarta.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjaga stok cabai dan untuk menjaga harga cabai di pasaran, agar tidak terus menerus mengalami kenaikan.

Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan mengatakan bahwa gerakan masyarakat tanam cabai sebagai langkah strategis untuk mencegah inflasi.

"Selain untuk pengendalian inflasi, gerakan masyarakat tanam cabai ini juga untuk menumbuhkan produksi cabai lokal," katanya.



 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023