Tim Jawa Barat (Jawa Barat) mempertahankan dominasinya di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung 2023 dengan raihan 20 medali emas dari 45 medali emas yang disediakan.

Kompetisi yang juga menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional 2024 berlangsung di dua tempat yang berbeda. Pertama di Waduk Cipule, Karawang, Jawa Barat untuk nomor canoeing, Traditional Boat Race (TBR) atau Dragon Boat Races (DBR), dan Rowing pada 16 November sampai 1 Desember. Sedangkan nomor canoe slalom, rowing beach sprint, dan Stand Up Paddle berlansgung di Pantai Karnaval, Jakarta, pada 2 hingga 9 Desember.

Manajer tim dayung Jabar Alia Maedina bersyukur tim asuhannya mampu membawa pulang 20 medali emas, 12 medali perak, dan delapan medali perunggu.

“Alhamdulillah sesuai target. Walaupun tim Jabar hanya melaksanakan pemusatan latihan daerah selama tiga bulan dan tujuh atlet rowing top Jabar tidak diikutsertakan dalam Kejurnas karena harus berkonsenstrasi ke pra-Olimpiade pada April 2024,” kata Alia seperti dikutip dari laman resmi PODSI.

Sebanyak tujuh pedayung papan atas Jabar tidak mengikuti Kejurnas 2023 dan mendapatkan wild card untuk tampil di PON 2024. Mereka adalah Melani Putri, Kakan Kusmana, Rendi Setia Maulana, Rifqi Harita Taufiqurahman, Rafiq Wijdan Yasir, Ferdiansyah, dan Denri Maulidzae Al Ghifari.

Mereka harus berkonsentrasi ke babak pra-Olimpiade yang akan berlangsung di Jepang pada April 2024.

Pada Kejurnas Dayung 2022, tim Jabar juga menjadi peraih medali terbanyak dari 25 provinsi yang mengikutinya. Saat itu tim Jabar memboyong 22 medali emas, 14 medali perak, dan 10 medali perunggu, dari 50



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jawa Barat pertahankan dominasi di Kejuaraan Nasional Dayung 2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023