Antarajawabarat.com, 31/3 - Telkom University (Tel-U) menggulirkan program bantuan modal usaha bernilai milyaran rupiah bagi para mahasiswa perguruan tinggi itu untuk mencetak para pelaku usaha baru.

"Seiring tumbuhnya minat mahasiswa untuk menjadi pengusaha, serta komitmen yayasan untuk mendorong kampus Telkom University sebagai kampus entrepreneur tahun ini kami alokasikan bantuan pinjaman modal menjadi Rp2,5 miliar," kata Ketua Yayasan Pendidikan Telkom-Yayasan Pendidikan Sandhykara Putra (YPT-YSPT) Johni Girsang di Bandung, Senin.

Johni mengatakan, YPT-YSPT sejak 2011 telah mengeluarkan bantuan pinjaman modal bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan usahanya. Pada 2011, total bantuan pinjaman yang diberikan sebesar Rp 300 juta.

"Mahasiswa yang sedang belajar jadi pengusaha bisa meminjam uang sampai Rp30 juta, hanya dengan jaminan kartu mahasiswa tanpa perlu persetujuan orang tua ," katanya.

Ada juga program bantuan modal bagi "fresh graduate" Telkom University yang ingin mengembangkan usaha, berupa bantuan pinjaman modal hingga Rp250 juta.

"Tentu kami menerapkan proses seleksi dalam memberikan bantuan pinjaman modal ini," katanya.

Selain memberikan program bantuan modal usaha bagi mahasiswa, YPT-YSPT juga telah berkomitmen menjadikan lahan seluas lima hektare sebagai Bandung Techno Park (BTP).

Di tempat itu segala ide dan penelitian tentang Information and Communication Technology (ICT) akan diselaraskan dengan kehidupan nyata.

"Membangun BTP juga merupakan salah satu cara YPT-YSPT membantu 'kelahiran' technopreneur di Indonesia," kata Johni Girsang menambahkan.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014