Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) bersiaga untuk melakukan evakuasi, guna menghadapi potensi banjir di kawasan Jabodetabek.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pencarian (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo memimpin apel siaga SAR banjir yang mengancam wilayah Jakarta dan sekitarnya, berpusat di lapangan Kantor Pusat Basarnas, Kamis.

Apel yang tersebut tidak hanya tim SAR dari Basarnas, tetapi juga melibatkan perwakilan Potensi SAR dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang., dan Bekasi (Jabodetabek).

“Apel ini sebagai wujud kesiapsiagaan tim SAR pada tanggap darurat dalam penanganan banjir yang mengancam keselamatan hidup masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya secara efektif dan efisien,” ujar Kabasarnas Kusworo.

Kusworo mengatakan apel tersebut melibatkan pasukan yang terdiri dari anggota Basarnas, BPBD setempat, serta potensi SAR yakni para sukarelawan. Dikatakannya, potensi SAR di Jakarta mencapai 1.000 orang yang sewaktu-waktu dapat terjun ke lapangan.

Selain mengecek personel, Kusworo juga meninjau alat penunjang evakuasi seperti perahu karet, hingga alat pendeteksi yang dapat dioperasikan di bawah permukaan air.

"Komunikasi dan koordinasi ini kita laksanakan dengan baik, dan peralatan, yang dalam kondisi apapun apabila potensi terjadinya banjir sudah bisa kita deteksi dan kesiapan daru kita," ujar dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas bersiaga untuk evakuasi hadapi potensi banjir Jabodetabek

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023