Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menuntaskan pembangunan dua jembatan permanen penghubung antarkecamatan di wilayah selatan dan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten sepanjang 70 kilometer pada 2023.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar di Cianjur, Selasa, mengatakan pembangunan sekitar 30 paket pekerjaan di  2023 termasuk  irigasi, jembatan, dan jalan ditargetkan sudah dapat dipergunakan masyarakat di awal 2024.

"Beberapa infrastruktur yang dibangun PUTR Cianjur, sudah diresmikan dan telah digunakan masyarakat untuk memudahkan mereka melakukan aktivitas, seperti jembatan permanen di Kecamatan Cikadu dan Sukanagara yang merupakan jalan penghubung utama antarkecamatan," katanya.

Eri menuturkan, sepanjang 2023, terdapat sekitar 30 paket pekerjaan berupa pembangunan irigasi, jembatan, dan jalan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Cianjur mulai dari wilayah utara, timur, dan selatan, hanya beberapa pekerjaan yang persentasenya baru 70 persen.

Pembangunan infrastruktur jalan dan irigasi di wilayah selatan termasuk yang dimodali dari pinjaman bank seperti jalan sepanjang 38 kilometer penghubung antardesa, kecamatan dan antarkabupaten di Kecamatan Cidaun yang ditargetkan tuntas sebelum akhir tahun.

"Untuk puluhan kilometer jalan milik kabupaten dengan cara betonisasi ada yang sudah tuntas dan ada yang baru 60-70 persen pembangunannya, namun dipastikan akhir tahun sudah tuntas dan dapat digunakan untuk memudahkan aktivitas warga termasuk perekonomian," katanya.

Bupati  Cianjur, Herman Suherman mengatakan sesuai dengan program kerjanya menciptakan 1.000 kilometer jalan beton di Cianjur, setiap tahun melebihi target sehingga  2025, seluruh jalan di kabupaten atau 1.000 kilometer jalan sudah dalam kondisi baik.
"Ketika infrastruktur jalan baik, tentunya akan menunjang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, dan perekonomian akan meningkat. Kami targetkan seluruh proyek pembangunan sudah tuntas di akhir tahun 2023," katanya.

Herman menambahkan, ketika infrastruktur baik dapat meningkatkan perekonomian di setiap kecamatan.

"Kami targetkan setiap tahun lebih dari 80 kilometer jalan baik di Cianjur, sehingga dapat mendorong perekonomian di seluruh wilayah, termasuk meningkatkan angka kunjungan ke sejumlah obyek wisata yang ada, mulai dari utara sampai selatan," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023