Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melaporkan sedikitnya empat desa terdampak kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, di Kecamatan Kotabaru, Karawang, Jawa Barat.

"Sedikitnya empat desa yakni Wancimekar, Pangulah Utara, Pucung, dan Desa Pangulah Baru, terdampak kabut asap akibat kebakaran," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Ferry dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Senin.

Kebakaran yang melanda tempat pembuangan sampah ini pertama kali diketahui pada Sabtu (28/10) pukul 11.00 WIB. Total luas lahan sampah yang terbakar tercatat mencapai 10 hektare. Ferry mengatakan tim gabungan masih terus berupaya memadamkan api.

"Di bawah permukaan api masih tetap menyala, sementara tim pemadam dan Satgas BPBD masih terus berupaya memadamkan api," ucap Ferry saat dikonfirmasi.

Ferry menambahkan saat ini tim BPBD juga telah mendirikan satu unit tenda serta mensuplai sejumlah logistik yang diperlukan para petugas pemadam kebakaran di lokasi.

"Kami laporkan juga BPBD sudah mendistribusikan masker di lokasi dan warga sekitar yang terdampak polusi asap," ujarnya.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui pasti. Tim gabungan masih terus berupaya menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang melanda TPA terbesar di Karawang itu.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD: Empat desa di Karawang terdampak kebakaran TPA Jalupang

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023