Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren melakukan kirab dengan menyusuri sejumlah ruas jalan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Kota Tasikmalaya, Minggu.

Penjabat (pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin yang hadir langsung dalam acara peringatan HSN 2023 di Kota Tasikmalaya, menyampaikan masyarakat, khususnya kalangan santri dari beberapa pondok pesantren, cukup antusias mengikuti acara Hari Santri dengan berkumpul bersilaturahmi, doa bersama, kemudian melakukan kirab.

"Ternyata masyarakat ini sangat antusias dan tadi juga ada parade sangat meriah," kata Bey Machmudin.

Ia menuturkan peringatan Hari Santri Nasional 2023 tingkat provinsi baru pertama kali dilaksanakan di Kota Tasikmalaya atau luar kota, yang sebelumnya selalu digelar di Kota Bandung sebagai ibu kota provinsi.

Kegiatan itu, kata dia, disambut antusias oleh santri yang datang dari berbagai pondok pesantren di Jawa Barat.

"Kota Tasikmalaya telah menjadi tuan rumah dengan sangat baik karena telah menyambut kedatangan santri dari seluruh Jabar," kata Bey.

Sebelum menggelar kirab, Bey mengajak santri yang hadir untuk mendoakan rakyat Palestina agar diberi keselamatan dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT).

Ia menyampaikan salah satu tujuan peringatan Hari Santri Nasional untuk mengenang dan meneladani para pejuang ulama maupun santri yang berkontribusi dalam perlawanan terhadap penjajah sehingga Indonesia merdeka.
Menurut dia, semangat perjuangan santri sampai saat ini tidak pudar dan terus berkomitmen cinta Tanah Air dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dijadikannya sebagian dari iman.

"Mereka tetap memegang teguh, cinta Tanah Air sebagian dari iman," kata Bey.

Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang sudah memilih Kota Tasikmalaya sebagai tempat diselenggarakannya Hari Santri Nasional 2023, yang menjadi dorongan semangat bagi pemerintah daerah untuk menjadi lebih baik dan maju di berbagai bidang.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi semangat baru bagi Kota Tasik dan seluruh santri di Kota Tasikmalaya untuk bisa lebih maju," kata Cheka.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023