Antarajawabarat.com, 9/2 - Sepuluh Desa Wisata di Kabupaten Bandung menjanjikan kesan bagi wisatawan yang mengunjunginya serta memberikan kepuasan aneka kuliner dan penganan.

"Potensi desa wisata yang dikembangkan di Bandung memberi kesan yang menjanjikan bagi para wisatawan yang mengunjunginya," kata Bupati Bandung, H Dadang M Naser di Bandung.

Desa wisata tersebut memiliki karakteristik dan potensi wisata khas daerah masing-masing, serta memiliki masyarakat yang telah memiliki kesadaran potensi wisata yang dimilikinya.

Sepuluh desa wisata di Kabupaten Bandung itu dimaksudkan untuk menjadi tujuan wisata alternatif di samping obyek wisata unggulan di kawasan Bandung selatan seperti Ciwidey dan Pangalengan.

Kawasan wisata perkampungan dan desa itu adalah Desa Laksana di Kecamatan Ibun, Desa Cibolerang Cileunyi, Desa Jelekong Baleendah, Desa Rawabogo Ciwidey, Desa Lamajang Pangalenga, Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan dan Alam Endah Rancabali.

"Desa Jelekong memiliki kekhasan, selain desa yang merupakan kelahiran para dalang keturunan Abah Sunarya, juga warganya memiliki keterapilan melukis," kata Adi, salah seorang pemuda Jelekong.

Selain itu, Desa Wisata jelekong juga memiliki Padepokan Wayang yang dikelola oleh keluarga besar padepokan pawayangan Giri Harja.

Hal sama juga dengan Desa Ciburial, yang menjanjikan aneka kerajinan dan produsen madu tawon cukup potensial di kawasan itu. Juga di Cibolerang Cinunuk yang menjadi sentra kerajinan, penganan dan juga memiliki potensi wisata budaya Benjang.

Sedangkan Desa Lamajang Pangalengan, memiliki keunikan Kampung Adat Cikodang, serta beberapa potensi kuliner dan kerajinan.

Sementara itu Desa Alam Endah Kecamatan Racabali merupakan desa wisata yang memiliki sejumlah obyek wisata pemandian air panas dan telah menjadi salah satu obyek wisata andalan di Bandung selatan.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014