Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi melakukan uji emisi gas buang kepada ratusan kendaraan bermotor yang melintasi ruas Jalur Lingkar Selatan Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (26/9).

"Uji emisi gratis ini kami fokuskan di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi untuk kendaraan roda empat atau lebih," kata pejabat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) DLH Kota Sukabumi Us Us Baidilah di Sukabumi, Selasa.

Menurut Us Us, adapun jumlah kendaraan yang melakukan uji emisi ini sebanyak 325 unit baik mobil, bus maupun truk. Hasil uji emisi tersebut sekitar 90 persen kendaraan lolos uji emisi dan 10 persennya tidak lolos.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada pemilik kendaraan yang tidak lolos uji emisi untuk segera melakukan perbaikan, karena jika didiamkan, kendaraan tersebut akan rusak dan dampak buruk lainnya adalah pencemaran udara yang berasal dari gas buang kendaraan itu.

"Uji emisi ini penting dilakukan secara rutin oleh para pemilik kendaraan bermotor, selain untuk mencegah terjadinya pencemaran udara, juga bisa mengetahui kondisi mesin kendaraan," tambahnya.



 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023