Oleh Irawan Harif Abidin
Antarajawabarat.com, 31/12 - Indonesia Wifi Indonesia sebagai sebuah Mahakarya PT Telkom Indonesia (Persero) memberikan dampak menyeluruh bagi sebuah budaya, interaksi dan komunikasi masyarakat Indonesia sekaligus menjadi sebuah jembatan strategis bagi silaturahim generasi muda yang menjadi generasi penerus negeri ini.

Tak hanya terhubung dalam sebuah jejaring informasi dan komunikasi sosial, namun benar-benar telah menjadi bagian kehidupan smart anak muda untuk menjalin hubungan dengan dunia luar.

Wifi merupakan teknologi jaringan tanpa kabel yang memiliki kemampuan penyedia akses internet dengan bandwidth besar, hinggai 11 Mbps (pada standar 802.11b).

Hotspot adalah lokasi yang dilengkapi dengan piranti Wifi sehingga dapat dipergunakan oleh pengguna yang berada pada lokasi tersebut untuk mengakses internet dengan menggunakan Laptop/PDA/Tablet yang sudah memiliki peralatan kartu Wifi.

Kehadiran program internet gratis yang diluncurkan BUMN plat merah itu yang bersinergi dengan pemerintah daerah dan komunitas di akar rumput telah menciptakan sebuah budaya dan gaya hidup smart, efektif dan efesien.

Indonesia Wifi dengan program besarnya ke seluruh peloksok tanah air telah menjadi tiket 'gratis' bagi generasi bangsa ini untuk terbang ke berbagai kota dan negeri di muka bumi ini tanpa batas. Program itu telah menjelma menjadi sebuah perangkat untuk bersinergi dengan dunia baik disadari atau tidak oleh pemakainya.

Khusus untuk program internet gratis yang kini telah hadir di kecamatan , sekolah, pesantren, komunitas dan di pedesaan serta di kelurahan. Bahkan di Kota Bandung, telah diluncurkan e-kelurahan yang merupakan jejaring sistem informasi dan komunikasi internal di lingkungan pemerintahan Kota Bandung.

Internet gratis juga membantu terutama untuk anak-anak remaja. Biasanya mereka berkumpul pada sore hari untuk mengerjakan tugas atau bercengkramai area hotspot, mempererat silaturahim dan saling mengenal satu sama lainnya.

"Internet menjadi ajang sharing informasi, mempererat silaturahim dan bisa menjadi pembuka peluang bisnis hingga berbagi cinta dan kepedulian," kata Trisnanda, Ketua RW04/RW05 Kelurahan Pasieendah Kecamatan Ujungberung Kota Bandung.

Para remaja biasanya berkumpul di area Wifi gedung serba guna Komplek Simpai Asih untuk memanfaatkan akses internet.

"Mereka menggunakan internet di area khusus, jadi tidak dilingkungan masjid karena mengganggu kekhusyuan orang yang lagi beribadah di masjid, kata Uus Yustian ketua karang taruna setempat.

Tanggapan dari semua pihak cukup positif, tetapi bila memungkinkan bisa di area masjid di beri password agar pada waktu azan dan shalat tidak mengganggu yang beribadah.

Banyak manfaat yang didapat baik untuk warga setempat maupun aparat kelurahan, karena sekarang sistem pelaporan yang berhubungan dengan pemkot bisa secara online," kata Uus.

Perlu sosialisasi dan pelatihan karena banyak warga yang belum bisa memanfaatkan Wifi tersebut.

Diharapkan pengelolaan dan perbaikan setelah dipasang harus berkesinambungan terus, karena keamanan peralatan wifi dijaga oleh warga dan pengurus DKM .

"Kalau bisa pemasangan jaringan internet gratis kontinyi dan tidak sesaat saja dan tempat penjualan voucher sppedy instannya di tempat yang mudah di jangkau oleh warga sekitar.

Harapan dari masyarakat semoga lokasi Wifi paa area khusus di dalam masjid yang digunakan sehingga bisa dimanfaatkan secara khusus untuk mendukung kegitan syiar dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Suatu saat nanti diharapkan bisa memaksimalkan penghimpunan zakat, infak dan sedekah secara online.

Telkom menghadirkan momentum strategis, seperti yang terjadi pada Hari Jumat, tanggal 15 November 2013, Walikota Ridwan Kamil didampingi GM Telkom Kota Bandung meresmikan pemakaian Wifi yang sudah dipasang di Masjid Muhajirin Komplek Simpai Asih RT/RW 04/05 Kelurahan Pasir Endah Kecamatan Ujung Berung.

Program Wifi ini merupakan tindak lanjut dari program PT Telkom Wifi untuk Indonesia. Sebelumnya telah dilakukan pengujian jaringan Wifi yang sudah dipasang di Kantor kelurahan Pasir Endah oleh bapak Warno dari PT Telkom.

"Sebelum pemasanga internet gratis diadakan musyawarah antara PT Telkom, DKM Masjid, RT/RW dan warga setempat, pihak Kelurahan dan Setda Kota Bandung," kata Rakhmat Taufik Kasie Pelayanan Kelurahan Pasir Endah.

Wifi yang terpasang gratis selama 30 menit dengan Id Bandung_Juara setelah 30 menit bisa diakses dengan menggunakan kartu Speedy Rp.5000 langsung login tanpa password.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013