Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin akan melantik enam Penjabat (Pj) bupati/wali kota di Jawa Barat pada 20 September 2023.

"Saya baru mendapat surat dari Kemendagri tentang enam penjabat kepala daerah, yakni untuk tiga wali kota dan tiga bupati pada tanggal 20 September," kata Bey Machmudin di Makodam III Siliwangi, Bandung, Kamis malam.

Bey merinci keenam penjabat kepala daerah yang akan dilantik pada tanggal 20 September 2023 itu adalah penjabat Wali Kota Bekasi Gani Muhammad, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Kemudian Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif, Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman dan Penjabat Bupati Purwakarta Benny Irwan.

"Jadi enam penjabat baru yang akan dilantik pada 20 September. Ini adalah usulan, dari DPRD, dari Pemprov juga dari Kemendagri, jadi sistemnya seperti itu," ucapnya.

Sementara untuk kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat yang belum memiliki penjabat kepala daerah, Bey Machmudin mengatakan akan disesuaikan dengan jadwal purna-tugas yang bersangkutan.

"Disesuaikan masa berakhirnya (jabatan) kapan nanti diseusaikan. Selanjutnya bertahap, kalau ngak salah Oktober satu, Desember ada beberapa, pokoknya sesuai aturan aja," tuturnya menambahkan.

Diketahui, sejumlah kepala daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat akan habis masa jabatannya pada September 2023 ini, termasuk Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana.
 

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023