Pemerintah Kabupaten Cianjur membantu penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur Hendra Wira Riharja mengatakan bahwa satu mobil pemadam kebakaran dari Markas Komando Ciranjang dioperasikan untuk membantu pemadaman kebakaran di fasilitas penanganan sampah tersebut.

"Kami baru mengirim satu unit karena keterbatasan unit damkar untuk disiagakan di masing-masing markas komando. Karena yang terdekat Mako Ciranjang, kami kirim satu, sedangkan satu unit lainnya siaga penanganan di wilayah," katanya di Cianjur, Kamis.

"Mobil pemadam di sejumlah Mako (markas komando) di Cianjur tidak dapat diberangkatkan seluruhnya karena di musim kemarau ini rentan terjadi kebakaran," katanya, menambahkan, sejak awal Agustus 2023 ada 24 kejadian kebakaran dan 15 di antaranya kebakaran lahan di wilayah Cianjur.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat telah menetapkan status darurat bencana akibat kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti.

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan bahwa hingga saat ini petugas pemadam kebakaran dari Bandung Barat serta kabupaten dan kota di Bandung Raya masih berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di tempat penampungan sampah tersebut.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023