Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis di Provinsi Jawa Barat menyalurkan bantuan air bersih ke Desa Cijulang di Kecamatan Cihaurbeuti, yang warganya kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat kekeringan pada musim kemarau.

"Hari ini hari keempat droping air bersih ke Dusun Cicurug, Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga yang terdampak kekeringan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat di Ciamis, Kamis.

Baca juga: Bupati Ciamis ingatkan PPPK untuk jaga akhlak

Menurut dia, dalam sekali pengiriman BPBD Ciamis menyalurkan bantuan air bersih sebanyak lima ribu liter.

Ia menyampaikan bahwa di daerah Cicurug yang berada di dataran tinggi sumur sebagian warga mengering pada musim kemarau.

"Sumber air (dalam keadaan) normal saja dalam, apalagi musim kemarau," katanya.

Kepala Desa Cijulang Endang Hidayat mengatakan bahwa ada 24 keluarga yang terdiri atas 95 jiwa yang kesulitan mendapat pasokan air bersih di wilayahnya.
"Di sini sudah tidak hujan lagi, jadi banyak sumur warga yang kering," katanya.

BPBD Ciamis sejak memasuki musim kemarau sudah menyiagakan personel dan mobil tangki air untuk menyalurkan bantuan air bersih ke daerah yang terdampak kekeringan.

Baca juga: Kolaborasi Kodim 0613/Ciamis dengan Polres dan Pemda optimalkan ketahanan pangan

Menurut Memet, sejak awal kemarau sampai sekarang hanya ada satu desa yang melaporkan bahwa warganya kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

"257 desa lainnya belum ada laporan," katanya, menambahkan, ada 258 desa dan tujuh kelurahan di wilayah Kabupaten Ciamis.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023