Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, tertarik untuk mengembangkan potensi wisata alam Sungai Cisanggiri yang berada di daerah selatan Kecamatan Cisompet dan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena memiliki daya tarik sebagai wisata eksklusif yang selama ini tersembunyi dengan pemandangan alam dan aliran sungai yang asri.

"Ya betul, sedang upaya dikembangkan karena di sana memiliki banyak potensi wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut Agus Ismail di Garut, Rabu.

Baca juga: Pemkab Garut persiapkan Rp300 juta untuk menunjang kegiatan nelayan

Ia menuturkan Pemkab Garut selama ini terus berupaya menggali setiap potensi daerah untuk bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya, kata dia, kawasan Sungai Cisanggiri yang berbatasan dengan Kecamatan Cibalong dengan Cisompet memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikembangkan, karena kondisi alamnya yang bagus.

"Di situ kan punya sungai, salah satu sungai terbesar di Garut, termasuk salah satu sungai purba juga, maksudnya di situ ada bebatuan yang memang sudah ada sejak zaman dahulu," katanya.

Ia menyebutkan selama ini sudah ada beberapa destinasi wisata di kawasan aliran Sungai Cisanggiri di antaranya ada Leuwi Tonjong, kemudian Leuwi Kangjeung Daleum yang sudah sering dikunjungi wisatawan lokal.

Potensi lainnya dari Sungai Cisanggiri, kata dia, bisa dimanfaatkan untuk wisata menyusuri sungai atau 'body rapfting' dengan kondisi air yang bersih dan pemandangan alam yang indah.
"Bisa untuk body rafting, di sana juga ada kawasan camping ground, agrowisata yang bisa dikembangkan," katanya.

Ia menambahkan pemerintah daerah tentu harus menunjang fasilitas untuk akses menuju kawasan wisata sungai itu, seperti membangun jalan yang bisa dilewati kendaraan roda empat.

"Tentunya harus dibangun akses jalan yang bisa masuk mobil," katanya.

Baca juga: Disparbud Garut sebut tasyakur nelayan bisa dongkrak kunjungan wisatawan

Bupati Garut Rudy Gunawan sebelumnya sempat mengunjungi langsung kawasan Sungai Cisanggiri tersebut dan menilai menarik sehingga tertarik untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

"Insyaallah ini akan menjadi kawasan ekslusif pariwisata unggulan," kata Rudy.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023