Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berkomitmen mewujudkan keluarga berkualitas dengan mengoptimalkan peran ayah selaku kepala keluarga melalui contoh teladan yang baik bagi setiap keluarga di daerah itu.

Komitmen itu dicanangkan bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bekasi bertajuk 'Peran Ayah dalam Membentuk Keluarga Berkualitas di Kabupaten Bekasi'.

"Harus menjadi pendidik, pendamping, menjadi role model bagi keluarga, banyak sekali perannya dan saya kira kita semua (sebagai ayah) masih dalam proses belajar, never ending process yang harus dilakukan seorang ayah, dibantu ibu dan anak," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Senin.

Menurut dia dalam membentuk keluarga berkualitas, Pemerintah Kabupaten Bekasi menganjurkan setiap ayah atau kepala keluarga untuk dapat merencanakan memiliki anak yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi.

Selain itu dengan jumlah ini, hak anak akan bisa terpenuhi. "Tentu kalau pemerintah lebih menganjurkan dua anak cukup, meskipun ada hak memang dari setiap keluarga untuk merencanakan itu, mudah-mudahan dengan jumlah anak tadi, anak kita bisa dipenuhi hak-haknya," katanya.

Pemkab Bekasi juga sudah menurunkan pendamping lapangan untuk bisa menyosialisasikan program Keluarga Berencana kepada setiap keluarga.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023