Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional Jumat (14/7) mulai dari KPK panggil Menhub Budi Karya Sumadi hingga Komjen Wahyu Widada dilantik sebagai Kabareskrim. Berikut lima peristiwa hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. KPK panggil Menhub Budi Karya Sumadi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai saksi kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan terkait dengan pembangunan jalur kereta api di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa-Sumatera pada tahun anggaran 2018-2022.

Budi akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Tengah Putu Sumarjaya.

Selengkapnya klik di sini.


2. Bareskrim minta keterangan Lucky Hakim terkait Al Zaytun

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri, Jumat, memanggil Lucky Hakim, mantan Bupati Indramayu, Jawa Barat, untuk dimintai keterangannya sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan penistaan agama oleh Panji Gumilang.

Pemanggilan ini dibenarkan oleh Lucky Hakim bahwa dirinya hari ini akan datang ke Bareskrim Polri untuk memenuhi panggilan penyidik.

Selengkapnya klik di sini.


3. Polri beli pesawat bekas karena kebutuhan mendesak

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membeli pesawat terbang (fixed wing) Boeing 737-800NG dengan registrasi P-7301 dalam kondisi tidak baru atau bekas karena kebutuhan mendesak.


Selengkapnya klik di sini.


4. KPK luncurkan kampanye "Hajar Serangan Fajar"

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi meluncurkan kampanye "Hajar Serangan Fajar" untuk mengajak masyarakat menolak, menghindari, dan membentengi diri dari godaan politik uang dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2024.


Selengkapnya klik di sini.


5. Kapolri lantik Komjen Wahyu Widada sebagai Kabareskrim

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo remsi melantik Komjen Pol. Wahyu Widada sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri menggantikan Komjen Pol. Agus Adriansyah.



Selengkapnya klik di sini.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemarin, KPK panggil Menhub Budi hingga pelantikan Komjen Wahyu Widada

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023