Jawa Barat kokoh di puncak klasemen sementara Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas)  VII tahun 2023 di Jawa Barat dengan perolehan 100 lebih medali.

Hingga hari Kamis ini, atau hari keempat penyelenggaraan ajang olahraga masyarakat dua tahunan ini, Jawa Barat sebagai tuan rumah bisa mengumpulkan 66 medali emas, 66 medali perak, dan 54 medali perunggu, mengungguli Jawa Timur dengan 38 medali emas, 30 medali perak, dan 24 medali perunggu.

Sementara posisi ketiga ditempati DKI Jakarta yang meraih 33 medali emas, perolehan medali perak sebanyak 27, dan 31 medali perunggu.

Jawa Barat juga meraih juara umum pada beberapa cabang olahraga sejauh ini, seperti Drum Corps atau Drum Band, serta sepak bola gaya bebas (freestyle football).

Kepala Divisi I Fornas VII 2023 Jawa Barat Dadan Helpiandi menuturkan selama pertandingan, beberapa kejadian unik juga ikut meramaikan Fornas VII 2023, seperti dari pertandingan binaraga di mana atlet binaraga kebanggan nasional Ade Rai ikut hadir menyemangati peserta.

''Di pertandingan terakhir untuk memperebutkan medali, ada tamu spesial yang sekaligus memberikan kehormatan untuk melakukan pengalungan medali kepada para juara, dan yang lebih spesialnya lagi ada pemberian hadiah tambahan, yakni satu unit sepeda motor buat peraih medali emas,'' tutur Dadan.

Adapun pada cabang binaraga, Jawa Barat berhasil menyumbang dua medali emas, yakni pada nomor Man Beach Model atas nama Ujang Firmansyah dan Indra Aryanto yang menyumbang emas di nomor Physical Challenge (difabel).

 

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023