Mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak 30 sampai 50 gram per hari, ternyata memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini, ungkap Dokter gizi dr. Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK.

"Padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30 sampai 50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan," kata Elfina dalam siaran pers diterima di Jakarta, Senin.

Cokelat selama ini dianggap sebagai makanan yang bisa memicu berat badan naik, kata Elfina, lulusan pendidikan dokter spesialis gizi klinik Universitas Indonesia yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Elfina menjelaskan bahwa cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormon leptin, yang memicu rasa kenyang, dan mengurangi hormon gherlin, yang bisa mengurangi rasa lapar.

Selain menurunkan berat badan, cokelat bisa membantu mencegah penuaan dini karena memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

"Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan dini,” kata Elfina.

Kandungan cokelat belakangan ini juga sering ditemukan pada masker wajah. Masker berbasis bubuk cokelat dapat dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari.

Kandungan coklat juga dinilai bisa membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen.

Cokelat terkenal berkhasiat untuk memperbaiki mood atau suasana batin berkat beberapa kandungan yang memiliki efek antidepresan, seperti endorfin dan serotonin. "Sehingga (cokelat) dapat meningkatkan dan menjaga keseimbangan mood," kata Elfina.

Tidak hanya soal mood, Elfina juga menjelaskan bahwa cokelat, terutama dark chocolate (cokelat hitam) mengandung senyawa kimia yang bisa membantu sistem kardivaskuler menjadi lebih lancar.

Cokelat hitam juga mengandung banyak mineral seperti zat besi, magnesium dan zinc sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung dan menurunkan darah tinggi.

Melumeri tubuh dengan cokelat di Garut

Pada tahun 2019, seribuan warga menggelar pesta Choconation 2019 suatu kegiatan saling melumeri cokelat yang digelar tiap tahun oleh PT Tama Cokelat Indonesia sebuah produsen produk cokelat Chocodot di lapangan Swiss Van Java, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu.
 
Pemilik PT Tama Cokelat Indonesia Kiki Gumelar mengatakan, pesta saling melumeri cokelat dalam kegiatan Choconation 2019 itu rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun perusahaan cokelat ternama di Garut.
 
"Cokelat disiapkan untuk saling melumeri ke seluruh warga atau konsumen yang hadir dalam acara Choconation 2019," kata Kiki.
 
Ia mengatakan, pesta melumeri cokelat itu memiliki makna tersendiri yakni melumerkan segala perbedaan dan merekatkan persaudaraan seluruh warga, terutama para konsumen cokelat produk Chocodot.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023