Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung pada tanggal 3-5 Juli 2023 mendatang akan menggelar event Bandung Bedas Expo di Jalan Utama Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung, untuk memeriahkan Fornas ke-VII Jawa Barat.

"Pelaksanaan Bandung Bedas Expo ini merupakan event pendukung, guna memeriahkan perhelatan Fornas atau Festival Olahraga Rekreasi Nasional ke-VII Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Bandung pada 2-9 Juli 2023," kata Dadang dalam keterangannya di Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat.

Dalam kegiatan Bandung Bedas Expo ini, lanjut Dadang, beragam kegiatan akan disuguhkan kepada para pengunjung, baik masyarakat Kabupaten Bandung maupun para peserta dari berbagai kabupaten dan kota se-Indonesia yang mengikuti kegiatan Fornas ke-VII tersebut.

Para pengunjung, ucapnya, akan disuguhkan berbagai jenis kuliner, fashion maupun kerajinan yang merupakan hasil para pelaku UMKM terbaik di Kabupaten Bandung.

"Termasuk melibatkan para pengusaha maupun perusahaan berkualifikasi ekspor dengan berbagai jenis produknya," ucap Dadang.

Lebih lanjut, Dadang menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Bandung Bedas Expo itu, di antaranya Asean sport day, exhibition, culinary festival, UMKM festival, music festival, community gathering, senam Bedas, job fair, talk show, tradisional art performance, fun bike, dan color run.

Dalam kegiatan Asean Sport Day, kata Dadang, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) berencana untuk hadir dan membuka acara Asean Sport Day pada tanggal 3 Juli 2023 dengan akan melaksanakan senam Bedas bersama serta melaksanakan fun game bersama Menpora.
"Pada kegiatan Asean Sport Day ini, akan dilaksanakan penyambutan dan penampilan seni budaya tradisional asal Kabupaten Bandung. Sebanyak 10 negara Asean ditambah Jepang dan Timor Leste akan hadir pada Asean Sport Day," kata Dadang.

Untuk Bursa Kerja atau Job Fair dalam Bandung Bedas Expo, Dadang mengungkap bahwa akan tersedia 1.500 lowongan kerja untuk formasi staf, marketing, admin, operator, packing, store crew, mekanik, maintenance dan lain-lain.

Sekitar 1.500 lowongan kerja itu, ucap Dadang, tersebar di 30 perusahaan, sehingga 10 perusahaan per hari/500 loker per hari) dari selama tiga hari kegiatan.

"Kesempatan lowongan kerja itu untuk pendidikan SMP, SMA/SMK, Diploma dan sarjana. Cukup siapkan berkas lamaran soft copy (file pdf)," kata Dadang.

Dadang yang akrab disapa Kang DS pun turut mengungkapkan pelaksanaan senam Bedas yang akan diikuti sekitar 5.000 peserta dilaksanakan pada 3 Juli 2023, sedangkan fun bike 2.000 peserta pada 4 Juli 2023.

"Sedangkan color run akan dengan estimasi 5.000 peserta yang akan dilaksanakan 5 Juli 2023," katanya.

Bandung Bedas Expo tersebut juga akan menampilkan puluhan produk UMKM terbaik yang merupakan binaan dinas terkait di lingkungan Pemkab Bandung dalam Festival UMKM.
"Kemudian pelaksanaan expo/exhibition yang diikuti oleh perusahaan di Kabupaten Bandung. Perusahaan tersebut merupakan produk unggulan mitra dinas terkait dan di antaranya yang sudah expor," katanya.

Untuk menambah semarak kegiatan Bandung Bedas Expo itu, tambah Dadang, pihak penyelenggara mengundang komedian Sule dan sederet pengisi acara lainnya yaitu Ade Astrid, Closehead, Lowprofil Melodic, Coffe Rege Stone, Aska Rockets Rockers, dan DJ Gina Rose, selain itu 10 band lokal asal Kabupaten Bandung.

"Kami yakin Bandung Bedas Expo akan semakin meriah karena akan diisi pula okeh artis-artis nasional seperti Mahen, Budi Doremi, Rizky Febian, Jamrud, Wali, Gigi, Padi, Anji, Angga Candra, Fourtwenty, Pusakata, Febry Putri, Mahalini, Radja serta Setia Band," tutur Dadang.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati: Kegiatan Bandung Bedas Expo meriahkan Fornas VII Jabar

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023