Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat mengingatkan pelaku wisata untuk menerapkan Sapta Pesona yakni memberikan kenyamanan dan kesan yang menarik bagi pengunjung saat momentum libur panjang sekolah.

"Untuk para pelaku wisata diharapkan memberikan pelayanan terbaik, Sapta Pesona, bagaimana menciptakan keamanan, kebersihan, keindahan, sehingga menarik datangnya pengunjung atau wisatawan," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Disparbud Garut telah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan dan menciptakan pariwisata agar menarik, sehingga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

Upaya yang perlu diterapkan di sektor pariwisata, kata Agus, yaitu menerapkan Sapta Pesona yang artinya aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

"Bagaimana Sapta Pesona itu harus diciptakan di tempat wisata di Garut," katanya.

Ia menyampaikan Disparbud Garut sudah melakukan persiapan untuk menyambut musim libur sekolah salah satunya membenahi tempat wisata, melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha pariwisata, termasuk hotel, dan kuliner.

Selain itu, lanjut dia, menyiapkan personel penyelamat wisata tirta yang sudah terlatih untuk disiagakan di objek wisata pantai maupun wisata air lainnya.

"Untuk kesiapannya kita ada penyelamat atau balawista untuk keselamatan pengunjung, dan juga kita lakukan pelatihan sumber daya manusia, desa wisata, homestay," katanya.

Ia menambahkan kesiapan lainnya tidak hanya di tempat wisata, tapi akses jalan menuju destinasi wisata di Garut juga dalam kondisi sudah bagus.

"Untuk akses jalan provinsi, jalan kabupaten, nasional, aksesnya bagus, relatif sudah bagus kondisinya," kata Agus.

Destinasi wisata di Kabupaten Garut di antaranya wisata air panas di Cipanas Garut yang lokasinya tidak jauh dari perkotaan Garut, kemudian wisata Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora.

Selanjutnya ada wisata danau Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, dan Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, serta wisata alam lainnya seperti air terjun dan pegunungan seperti Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Guntur, dan Cikuray.

Garut juga memiliki wisata pantai yang membentang panjang dari mulai perbatasan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya, seperti Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Cijeruk dan pantai lainnya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023